CHORDATA

PHYLUM CHORDATA
Chorda adalah sumbu penunjang tubuh primer, terletak membujur dari kepala ke ekor, antara batang saraf dan saluran pencernaan. Pada sekelompok hewan menjadi penulangan. Sehingga menjadi sumbu penunjang tubuh sekunder (tulang punggung).
Kelompok subphylum yang memiliki tengkorak dan chordanya mengalami penulangan disebut craniata (vertebrata). Kelompok yang tak memiliki tengkorak dan kordatanya tidak mengalami penulangan disebut acraniata.
Chordata terdiri dari 4 subphylum:
a)      Hemichordata, chordatanya hanya tinggal separo waktu dewasa. Mirip cacing, hidup dalam air.
b)   Urochordata, chordatanya terdapat di daerah ekor waktu dewasa. Disebut juga tunicata. Karena hewan kelompok ini menggetahkan zat “tunik” selubung menutupi tubuh.
c)     Chepalochordata, chordatanya waktu dewasa hadir seluruhnya dari kepala sampai ke ekor. Bentuk seperti ikan kecil. Chontoh: Amphioxus.
d)   Vertebrata, memiliki rangka dalam, dibina atas tulang. Rangka tersebut beruas-ruas, dilekati otot sebelah luarnya.
Terdiri dari 5 kelas:
a)     Pisces, hidup di air, anggota digantikan sirip. Contoh: hiu, pari, kakap dan belut.
b)   Amphibia, hidup di air dan di darat, berudu bersirip, dewasa beranggota dua pasang. Contoh salamander, katak.
c)    Reptilia, seluruhnya hidup di darat. Anggota dua pasang dan bergerak merangkak, merayap atau meliukkan badan. Contohnya: kadal, biawak, penyu, ular
d)     Aves, hidup di darat dan permukaan air, bulu lebar dan berlilin halus, rapat membentuk sayap sehingga dapat terbang. Contohnya: ayam, itik, pinguin.
e)      Mammalia, hidup di darat dan air, memiliki kelenjar susu beberapa pasang, umumnya kulit berbulu halus dan ada kelenjar peluh untuk mengatur suhu tubuh agar tetap. Contoh: cecurut, tikus, marmut, anjing, sapi.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-istilah pada Microsoft office dan pengetikan cepat MS office

BATANG TUMBUHAN

BENTUK HIDUP TUMBUHAN