Kebutuhan Sosial dan Psikologis


Usaha-Usaha Yang Dapat Dilakukan Guru Untuk Memenuhi Kebutuhan Sosial Peserta Didik
Usaha yang dapat dilakukan untuk memenuhi kebutuhan social peserta didik adalah:
1.    Meningkatkan iman dan taqwa peserta didik terhadap Tuhan Yang Maha Esa melalui acara keagamaan dan kegiatan kerohanian di sekolah.
2.     Memberikan bimbingan kepada peserta didik untuk mencapai cita-citanya dengan penuh kasih sayang, sehingga dapat menimbulkan citra positif.
3.   Memberikan contoh yang baik dalam kehidupan sehari-hari kepada peserta didik, untuk dapat dijadikan sebagai model bagi remaja sesuai dengan peran jenis kelaminnya masing-masing
4.      Menyediakan fasilitas yang memadai untuk membantu peserta didik mengembangkan potensinya ke arah positif dan bermanfaat bagi remaja itu sendiri dalam hidupnya.
5. Menghargai dan memperlakukan peserta didik sebagai individu yang sedang berkembang menuju kedewasaannya.
6.    Membantu peserta didik mengatasi problem-problem yang sedang dialami, agar tidak menimbulkan dampak negative dalam kehidupannya.
7.      Mengikutsertakan peserta didik dalam mengatasi masalah sekolah yang memerlukan pemecahan sesuai dengan batas-batas kemampuannya.
8.     Sekolah perlu menyediakan sarana/fasilitas dan program kegiatan yang dapat berfungsi sebagai wahana untuk mengembangkan potensi yang dimilikinya.
9.  Sekolah perlu melakukan berbagai kegiatan kelompok sebagai wahana untuk mengembangkan sifat kebersamaan dan memenuhi kebutuhan, diikutsertakannya dalam kelompok.
10. Membimbing dan member kesempatan untuk berprestasi melalui berbagai kegiatan ko-kurikuler maupun ekstra-kurikuler.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-istilah pada Microsoft office dan pengetikan cepat MS office

BATANG TUMBUHAN

BENTUK HIDUP TUMBUHAN