ORDO GLUMIFLORAE (POALES)


Disebut glumiflorae karena bunganya mempunyai gluma. Gluma adalah daun semacam bractea untuk melindungi bunga, tak berwarna, kering dan relativ keras. Herba parenial, sering dengan rizhoma, jarang yang annual, kadang-kadang berkayu (seperti pada bambu). Bunga kecil disebut floret, tersusun dalam bulir, kecil. Perianthium tidak jelas, kadang-kadang berupa rambut-rambut atau sisik. Bractea kaku atau kering. Benang sari biasanya 3, 6 atau lebih, uniseksual, kadang-kadang biseksual, ovarium susperus, 2-3 karpel dan 1 ruang (cyperaceae 3 ruang), buah caryopsis atau achen, biji dengan endosperm berlimpahdan berbentuk tepung.
FAMILY GRAMINAE
Family graminae didunia diperkirakan mempunyai kurang lebih 10.000 spesies. Jenis family ini lebih dikenal dengan nama rumput-rumputan atau graminae. Perbedaan antara genera rumput terutama terletak pada susunan bentuk dan modifikasi sisik yang berbentuk seperti daun kecil yang membungkus bunga, sedangkan spesies-spesies pada umumnya dibedakan bedasarkan ketidaksamaan dalam hal umur pertumbuhan (Adrich, 1984 dalam Ermaya 2004).
Rumput-rumputan merupakan salah satu tumbuhan darat yang paling berhasil. Rumput-rumputan terdapat dalam semua tipe tempat tumbuh dan pada bermacam-macam keadaan. Ada yang berumur panjang (perenial) dan yang berumur pendek (annual). Graminae ada yang berbentuk rumpun, yaitu membentuk kelompok-kelompok tertutup dan menghasilkan padang rumput dengan penutupan tanah yang tidak lebat, dikarenakan mempunyai sistem akar serabut yang luas dan persaingan yang intensif antara rumput-rumput itu sendiri, rumput yang merayap biasanya bercabang secara ekstravaginal dan menyebar dengan stolon atau rhizome. Rambut merambat cenderung tumbuh ditepi dan diantara semak-semak dan tumbuh berkayu. Rumput yang berumur pendek merupakan anggota yang berhsail dalam famili Graminae/Poacea (Soetikno, 1990).
Batang rumput yang mendukung daun dan bulir disebut tangkai. Bentuk silinder, umumnya kosong,kecuali pada buku yang terdiri dari jaringan padat. Pada beberapa rumput ruas bagian bawah ada yang seperti umbi (Soetikno, 1990). Biasanya, secara alamiah, setiap permukaan tanah yang gundul, lama kelamaan akan ditumbuhi oleh tumbuh-tumbuhan, mula mula oleh bentuk yang sederhana dan kemudian hasil reaksi tumbuhan dan habitat, oleh bentuk yang lebih tinggi bilamana kondisi untuk pertumbuhan suatu tanaman menadi lebih baik. Rumput-rumputan kebanyakan membentuk rumpun yang terdiri dari beberapa cabang keluar dari pangkal batang pokok, kemudian membentuk semak-semak beberapa cm hingga lebih dari 15 m tingginya (Adrich, 1984 dalam Ermaya, 2004).
Jenis rumput yang tergolong dalam tumbuh-tumbuhan berkeping satu atau monokotil, tidak membentuk akar pokok, tetapi membentuk akar serabut yang tumbuh dari pangkal batang pokoknya. Bentuk akar ramping, relatif pendek, tidak bercabang banyak, dan dapat tumbuh dangkal di bawah permukaan tanah dan dapat pula tumbuh cukup dalam (Soetikno, 1990). Bentuk batang ramping, silindris, atau pipih, maupun bersiku-siku. Batang rumput tidak dapat membesar, tebalnya ditentukan sejak mulai tumbuh hingga akhir pucuknya. Batang rumput dapat memanjang karena adanya jaringan meristem yang berada diatas setiap ruas. Meristerm ini menjamin batang akan terus tumbuh, walaupun pucuknya dipotong. Meristem ini dilindungi oleh pelepah yang melingkari batang (Soetikno, 1990).
Daun tumbuh dari setiap ruas. Bagiannya ialah pelepah yang melingkari batang ,helai daun, lidah daun, yan berada diatasi helai dan pelepah. Helaian daun membentuk lanset, ditengah-tengahnya nampak jelas ibu tulang daun dan beberapa tulang daun lainnya yang sejajar tumbuhnya. Dibatas antara helai dan peleppah daun, ada jaringan meristem yang dapat menjamin kelangsungan pertumbuan daun, walaupun pucuk dipotong. Daya tumbuh ini berada pada dasar batang daun pokok memungkinkan tumbuhan rumput dapat bertahan terhadap terinjak-injak hewan ataupun gangguan lainnya (Soetikno, 1990).

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-istilah pada Microsoft office dan pengetikan cepat MS office

BATANG TUMBUHAN

BENTUK HIDUP TUMBUHAN