BERITA



Kegiatan Wawancara Siswa Kelas VB dengan Pengelola Koperasi

Hari ini Selasa, 18 Oktober 2016 pukul 10.30-11.30 WIB santri putri kelas VB SD Islam Sari Bumi mengadakan wawancara dengan pengelola koperasi Sekolah. Kegiatan ini berhubungan dengan pembelajaran tema 3 yakni kerukunan dalam bermasyarakat, subtema 2 (manfaat hidup rukun), pembelajaran 2. Kegiatan ini dalam rangka mempraktekan pembelajaran wawancara dengan materi pembelajaran “Lembaga Ekonomi Masyarakat.”
Sebelum melakukan wawancara, pewawancara (santri kelas VB) terlebih dulu membuat pertanyaan di kelasnya yang kemudian diseleksi langsung oleh guru pembimbingnya; ustadzah Dwi Esti Ningsih, S.Pd. Nara sumber wawancara ini adalah Bu Heri, sapaan dekat dari santri. Beliau adalah pengelola koperasi dari awal berdirinya koperasi ini.
Santri menyimak dengan saksama penjelasan Bu Heri. Beliau memaparkan bagaimana pertama kali koperasi ini berdiri, siapa pendirinya, apa tujuan koperasi ini berdiri dan berapa omsetnya per hari serta jam buka dan tutupnya koperasi. Koperasi ini didirikan oleh Lembaga Pendidikan Islam Sari Bumi dengan tujuan untuk menyediakan makanan sehat buat santri PG-TK dan SD Islam Sari Bumi. Di koperasi ini menyediakan makanan, minuman, seragam sekolah, peralatan tulis, dan al-muyassar. Beda koperasi ini dengan koperasi sekolah lain adalah di koperasi sekolah lain tidak menjual almuyassar, jelas bu Heri sembari tersenyum.
Pertanyaan demi pertanyaan dilontarkan oleh santri secara bergiliran, suasana semakin hangat karena santri-santri semakin ingin tahu tentang perkembangan koperasi ini. Selain bertanya, santri juga mencatat hasil wawancaranya di buku. Hasil wawancara dirangkum dalam bentuk artikel sebanyak tiga paragraf sesuai instruksi guru pembimbingnya; ustadzah Esti. Hasil wawancara ini dikumpul sehari setelah kegiatan ini.
Semoga dengan mempraktekkan langsung materi pembelajaran, santri-santri merasa nyaman, senang, dan bertambah semangatnya dalam menuntut ilmu. (27-Red YGSB News-SD)
 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-istilah pada Microsoft office dan pengetikan cepat MS office

BATANG TUMBUHAN

BENTUK HIDUP TUMBUHAN