Cerita

Kegiatan Ku pada Pagi Hari


Saya selalu bangun pagi sebelum shubuh. Setelah bangun tidur saya merapikan tempat tidur; menyapu ruang tidur dan merapikan alas kasur. Setiap shubuh saya dan keluarga selalu sholat berjamaah ke masjid karena masjid dekat dari rumah kami. Suasana shubuh yang indah dan dingin membuat pernafasan menjadi lega karena udaranya masih bersih.
Sekarang waktunya mandi. Saat akan memasuki kamar mandi saya berdoa dan melangkahkan kaki kiri. Setiap saya mandi, tidak lupa menggosok gigi. Mandi yang bersih menggunakan sabun. Menggosok gigi menggunakan sikat gigi dan pasta gigi atau odol. Terkadang ketika mandi saya keramas, menggunakan shampo agar rambut saya wangi dan bersih. Setelah mandi saya mematikan kran air agar air tidak tumpah dan terbuang sia-sia, ini merupakan langkah hemat energi berupa air.
Supaya lantai kamar tidak becek dan berair, saya selalu bawa handuk ke kamar mandi karena setelah mandi saya mengeringkan badan dengan handuk. Keluar kamar mandi saya melangkahkan kaki kanan sembari membaca doa keluar kamar mandi. Saya bersegera memakai seragam karena hari ini saya harus sekolah. Setelah memakai seragam saya pun langsung sarapan. Ummi telah menyiapkan sarapan di atas meja makan. Pagi ini ummi memasak nasi goreng kesukaanku ditambah telor mata sapi sebagai lauknya. Makan makanan yang bergizi membuat tubuh menjadi sehat. Makanan yang kita makan tidak mesti mahal yang penting halal dan bergizi.
“Alhamdulillah, terima kasih ummi telah menyediakan sarapan untukku setiap hari,” ucapan yang selalu diajarkan ustdzah kepada saya setelah seseorang memberikan kebaikan kepada kita. Ummi pun membalas dengan senyuman dan pelukan sembari berkata, “Sama-sama sayang.” Hmm sungguh indah dan bahagia hatiku jika setiap pagi seperti ini.
Usai sarapan ummi selalu mengingatkan saya mencuci tangan dengan cara yang benar sesuai yang diajarkan ustdzah dalam mata pelajaran tematik di sekolah. Menyiram dengan air, kemudian memakai sabun digosok-gosok sampai sepuluh kali sampai ke sela-sela jari, kemudian disiram air lagi sampai busanya habis. Kemudian keringkan menggunakan lap tangan atau handuk. Saya pun bersegera memakai sepatu, dan bersiap-siap berangkat ke sekolah.
Sebelum berangkat ke sekolah saya berpamitan dengan ummi dan abi. Berpamitan merupakan peraturan di rumah. Ummi dan abi memberi uang jajan, sayapun tidak lupa mengucapkan terima kasih. Hari ini saya berangkat ke sekolah diantar ummi dan abi. Tidak seperti biasanya menggunakan mobil antar jemput sekolah. Saya pun tambah semangat datang ke sekolah untuk belajar bersama teman-teman karena diantar ummi dan abi.
Alhamdulillah saya selalu datang tepat waktu, sebelum bel masuk berbunyi. Datang tepat waktu merupakan peraturan di sekolah. Sampai di sekolah saya disambut dengan senyuman oleh ustadz dan ustadzah. Kamipun bersalaman dan saling berucap salam.
“Assalamu’alaikum,” saya menyapa ustadz dan ustadzah dengan lembut.
“Wa’alaikumussalam,” jawab ustadz dan ustadzah dengan senyuman yang terkadang kepala sayapun disentuh lembut sembari menanyakan kabar dan sudahkah saya sarapan. Sayapun berlari menuju kelas, sudah tidak sabar sampai di kelas duluan, semoga saya santri pertama yang sampai ke kelas.
Hari ini belajar tematik, Al-qur’an hadits, dan SKI. Saya senang mengikuti pelajaran karena saya ingin menjadi anak yang pandai dan berilmu. Setiap pembelajaran akan dimulai, ustadzah selalu mengingatkan agar tertib dan sholih dalam menuntut ilmu agar ilmu yang disampaikan ustadz dan ustadzah bisa saya terima dengan baik.
“Terima kasih ustadz dan ustadzah telah mengajari kami dengan sabar, meskipun ada anak yang tidak sholih, ustadz dan ustadzah masih mengajari kami dengan baik.”
Di sekolah kami diajarkan cara beribadah dengan baik dan kusyuk. Setiap hari di sekolah saya dan teman yang lain sholat dzuhur dan ashar berjamaah, terkadang saya menjadi imamnya, kadang mengumandangkan iqomah dan sering menjadi makmum saja.
***
Kegiatan saya pada pagi hari setiap harinya tidak jauh berbeda. Hanya saja setiap hari libur kami sekeluarga berolah raga, lari pagi disekitar komplek dan melakukan gerakan-gerakan lain seperti pemanasan dan pendinginan. Pemanasan dilakukan agar otot lentur dan siap untuk digerakkan dan agar tidak terjadi cidera otot. Sedangkan pendinginan bertujuan untuk merilekskan otot-otot. Rajin berolah raga membuat tubuh menjadi sehat dan kuat.
Kami melanjutkan kegiatan pagi dengan kerja bakti di keluarga. Ayah memotong rumput dan bunga yang sudah tinggi di halaman, ibu menyapu halaman, saya dan kakak membersihkan rumah; menyapu, mencuci pakaian, dan mencuci piring. Kerja bakti setiap hari ahad merupakan peraturan di rumah kami. Saya senang kerja bakti, membantu ummi dan abi karena saya sayang keluarga.
Sidoarjo, 14 Oktober 2016

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Istilah-istilah pada Microsoft office dan pengetikan cepat MS office

BATANG TUMBUHAN

BENTUK HIDUP TUMBUHAN